Peradaban Maju Yang Lenyap Secara Misteri

MANTAP168 Pada jaman dulu, ada beragam peradaban maju di beberapa daerah dunia. Namun beberapa salah satunya lenyap misteri. Ini salah satunya seperti diambil detikINET dari History, Jumat (21/10/2022):

Peradaban Maya

Peradaban Maya membuat perkotaan yang cantik di rimba selatan Meksiko dan Amerika tengah, komplet dengan istana, kuil berwujud piramida dan yang lain. Mereka dikenali akan tulisan hieroglypich, mengenali kalender, matematika dan astronomi.

Peradaban ini capai pucuk dampaknya dari sekitaran tahun 250 sampai 900. Tetapi diakhir masa itu, masyarakat tiba-tiba menjatuhkan rajanya, tinggalkan kota dan musnah. Banyak teori telah disampaikan masalah lenyapnya Peradaban Maya, dari kekeringan, penyakit menyebar sampai perlawanan warga.

Peradaban Indus

Peradaban Indus diawali di daerah yang sekarang ini India dan Pakistan, sekitaran 8.000 tahun lalu, membuat salah satunya peradaban paling dahulu. Pada millenium ke-3  saat sebelum masehi, daerahnya benar-benar luas dan meliputi sekitaran 10% populasi dunia. Mereka punyai mekanisme tulisan dan sanitasi yang bagus.

Di tahun 1900 saat sebelum masehi, masyarakat Indus tiba-tiba tinggalkan daerahnya dan lakukan migrasi. Awalannya dipercaya pemicunya ialah agresi bangsa Aryan. Tetapi pada penelitian terbaru, adanya kemungkinan ada masalah cuaca yang kronis yang menyebabkan pertanian tidak berhasil. Factor lain ialah gempa Bumi atau pandemi penyakit.

Peradaban Anasazi

Di daerah yang sekarang Amerika Serikat, peradaban Anasazi membuat rumahnya di tebing pada era keduabelas dan 13, beberapa dengan beberapa ratus kamar. Tetapi mereka tidak ada di sana kelamaan. Kota dari batu itu ditinggal.

Peneliti temukan pertanda kanibal dan pembunuhan umum, permasalahan air, deforestasi sampai kekeringan panjang. Kemungkinan ada juga bentrokan berkaitan agama. Peradaban Anasazi yang terhitung peradaban maju lenyap pada sekitaran tahun 1300.

Peradaban Pulau Paskah

Pada sekitaran tahun 300 dan 1200, orang Polynesia ada di Pulau Paskah, salah satunya tempat paling terasing di dunia. Lebih hebat kembali, mereka membuat beberapa ratus patung raksasa yang disebutkan moai. Tetapi di tahun 1800, patung itu ditumbangkan dan populasi di Pulau Paskah jeblok.

Peneliti temukan pertanda musibah ekologi, diantaranya karena pandemi tikus. Terjadi kelaparan umum dan perang saudara. Hadirnya bangsa Eropa jadi memperburuk kondisi di mana mereka secara langsung tembak beberapa warga. Tahun 1870, terjadi juga pandemi cacar, membuat jumlah masyarakat tinggal seratusan.

Peradaban Viking di Greenland

Figur namanya Erik the Red tiba dari Islandia dengan 25 kapal ke Greenland sekitaran tahun 985. Dibangunlah dua koloni di mana masyarakat hidup dengan hewan peternak dan membuat gereja yang bisa disaksikan sampai ini hari. Mereka bertahan beberapa ratus tahun. Tetapi saat misionaris tiba di 1721, tidak terjadi apa-apa selainnya puing-puing.

Arkeolog mengaitkan peradaban Viking ini musnah sekitaran tahun 1400. Berlangsungnya jaman es kecil di era ke-14 nyaris bisa ditegaskan menjadi salah satunya pemicunya, karena memacu tidak berhasil panen dan menyulitkan jalur transportasi.

Kerajaan Khmer, Kamboja

Salah satunya kerajaan paling kuat di Asia Tenggara. Peradabannya menebar dari Kamboja sampai Laos, Thailand. Tidak ada catatan yang mengulas mengenai peradaban ini kecuali bukti dari patung-patung yang terpahat.

Banyak teori menyelimutinya lenyapnya peradaban ini. Dimulai dari kematian karena pandemi, permasalahan air untuk penanaman padi sampai perselisihan intern antara keluarga kerajaan.

Peradaban Olmec, Meksiko

Ini ialah peradaban yang cukup menakutkan ingat mereka jalankan praktek pengorbanan manusia. Akan tetapi peradaban Olmec dianggap sebagai salah satunya peradaban pertama di barat yang meningkatkan mekanisme penulisan, kalender sampai kompas. Peradaban Olmec diketemukan di tengah era 19, tapi peradaban ini diprediksi telah datang semenjak 1500 tahun saat sebelum masehi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post <strong>PSIS Versus Persebaya Didatangi Supporter, Beberapa ribu Personil Penyelamatan Dipersiagakan</strong>
Next post Apa Yang Diartikan Dengan Judi Online Slot